judul

INQUIRY OPERATION >> YOUR SECOND HOME TO GET YOUR SUCCESS<<

Sunday, March 3, 2019

Tata Nama Senyawa Poliatomik

Senyawa poliatomik secara sederhana dapat didefinisikan sebagai senyawa yang unsur - unsur penyusunnya lebih dari dua jenis unsur yang berbeda. Senyawa ini jika dilarutkan di dalam air akan mengalami ionisasi menbentuk Kation dan Anion. Beberapa contoh senyawa poliatomik diantaranya: NaHCO3, MgSO4, K2Cr2O4. oBagaimana penulisan nama yang tepat untuk senyawa poliatomik tersebut? Berikut penjelasannya.

Terdapat dua cara penulisan senyawa ion poliatomik, penulisan ini ditentukan oleh jenis logam yang berikatan dengan ion poliatomik. Jika logam hanya memiliki satu jenis bilangan oksidasi maka penulisannya yaitu : NAMA LOGAM + NAMA ION POLIATOMIK. Namun jika logamnya memiliki lebih dari satu jenis bilangan oksidasi maka penulisannya ditambahkan angka romawi yang menunjukkan bilangan oksidasi yang dimiliki oleh logam logam/kation pada senyawa tersebut. Penulisan untuk cara yang kedua ini adalah: NAMA LOGAM + (ANGKA ROMAWI) + ION POLIATOMIK.

Berikut ini beberapa contoh anion terangkum pada tabel 1.1:

Sumber: edscyclopedia.com

Selain anion terdapat pula kation yang menjadi pasangannya. berikut ini beberapa jenis kation terangkum dalam tabel 1.2:
sumber: baguswahyupurnomo.blogspot.com

Beberapa contoh penulisan nama ion poliatomik yang tepat terangkum dalam tabel 1.3:

Kation
Anion
Rumus Molekul
Nama Senyawa
Na+
HCO3-
NaNO3
Natrium Bikarbonat
Mg2+
SO42-
MgSO4
Magnesium Sulfat
Fe2+
MnO42-
FeCr2O4
Besi(II)Manganat
Fe3+
PO43-
FePO4
Besi (III) Posfat
Mn2+
NO3-
Mn(NO3)2
Mangan (II) Nitrat
NH4+
OH-
NH4OH
Amonium Hidroksida

No comments:

Post a Comment